Objektivitas dalam Video Review Konten Otomotif: Analisis Isi Kuantitatif pada Saluran Youtube Motomobi dan OtoDriver

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Iwidjaja, Nicholas Farrell (2023) Objektivitas dalam Video Review Konten Otomotif: Analisis Isi Kuantitatif pada Saluran Youtube Motomobi dan OtoDriver. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Orang-orang di era modern menggunakan YouTube untuk memenuhi kebutuhan informasi mereka dengan mencari informasi dalam bentuk video. Ada berbagai jenis saluran YouTube, salah satunya otomotif. Saluran review otomotif merupakan konten video yang memberikan review mengenai kelebihan dan kekurangan teknologi mobil yang dipasarkan di Indonesia dengan tujuan memberikan informasi dan referensi kepada masyarakat. dimana akan berguna untuk menghindari adanya kasus penipuan yang dilakukan oleh dealer maupun showroom kepada calon pembeli mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan analisis isi mengenai objektivitas ulasan video mobil di saluran YouTube. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui objektivitas review video kendaraan roda empat di saluran YouTube Motomobi dan OtoDriver. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan lembar koding. Konsep objektivitas J. Westerstahl dipilih sebagai konsep untuk mengukur objektivitas, yang kemudian dioperasionalisasikan dalam banyak indikator. Dalam penelitian ini diambil sejumlah 20 video dari saluran Youtube Motomobi dan OtoDriver dalam periode Oktober 2022 sampai dengan Februari 2023 sebagai sampel. Sampel video yang dipilih bersasarkan video yang mereview mobil keluaran terbaru yang dijual resmi di Indonesia. Berdasarkan 20 artikel yang dianalisis, ditemukan bahwa terdapat objektivitas dalam video review kendaraan roda empat pada periode Oktober 2022 hingga Februari 2023 dengan besaran nilai objektivitas yang terbentuk dari saluran Youtube Motomobi dan OtoDriver sejumlah 92%. Jika secara terpisah, saluran Youtube Motomobi mempunyai nilai objektivitas sebesar 94%, sedangkan saluran Youtube OtoDriver mempunyai nilai objektivitas sebesar 90%.

Kata Kunci: objektivitas, video review, analisis isi, youtube, otomotif, motomobi, otodriver

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:48
Last Modified: 07 Feb 2024 06:48
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2447

Actions (login required)

View Item
View Item