Pembuatan Film Iklan Layanan Masyarakat "Lawan Catcalling!" sebagai Media Kampanye Melawan Pelecehan Seksual Verbal

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Iwanusa, Syifaa Kencana (2023) Pembuatan Film Iklan Layanan Masyarakat "Lawan Catcalling!" sebagai Media Kampanye Melawan Pelecehan Seksual Verbal. UGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelecehan Seksual Verbal atau yang biasa disebut dengan istilah Catcalling adalah suatu tindakan rayuan seksual yang tidak diinginkan kepada orang lain atau korban di luar kehendak orang tersebut. Dalam tiga tahun terakhir, banyak pemberitaan mengenai kasus Catcalling yang beredar luas di media sosial ataupun internet, yang menunjukkan bahwa kasus tersebut masih kerap terjadi yang membuat resah masyarakat. Data hasil survei dalam sejumlah jurnal, mengatakan bahwa mayoritas jenis pelecehan seksual yang dialami korban adalah secara verbal, dengan mayoritas terjadi di jalanan umum, serta mayoritas korban memilih diam dan membiarkan pelaku karena merasa takut dan menganggap diam adalah hal yang aman untuk dilakukan, korban juga merasa terbantu dengan adanya saksi yang mana mayoritas saksi membantu mengintervensi pelecehan seksual yang korban alami. Sebagai bagian dari tujuan karya, dalam memotivasi serta mengajak masyarakat guna terjadi perubahan sikap atau perilaku agar lebih berani untuk melawan ketika mengalami Catcalling dan membela ketika menyaksikan hal tersebut, karya ini didukung dengan menggunakan teori komunikasi persuasif. Karya film iklan layanan masyarakat berjudul “Lawan Catcalling!” ini dibuat sebagai media kampanye untuk melawan pelecehan seksual verbal, melalui tahapan pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi, lalu dipublikasikan serta disebarluaskan melalui media sosial Instagram milik dua komunitas yang telah bekerja sama. Melalui karya ini, harapannya masyarakat dapat mulai atau semakin berani melawan ketika mengalami serta membela ketika menyaksikan kejadian Catcalling di jalanan dan sekitarnya.

Kata Kunci: Pembuatan Film, Iklan Layanan Masyarakat, Pelecehan Seksual Verbal, Catcalling, Lawan Catcalling

Item Type: Thesis (UGP-Non thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:12
Last Modified: 07 Feb 2024 07:12
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2454

Actions (login required)

View Item
View Item