Komunikasi Media Digital dan Festival Musik : Studi Kualitatif Pengalaman Pengunjung Festival Pekan Gembira Ria

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Sari, Faradhila Ayudhia (2023) Komunikasi Media Digital dan Festival Musik : Studi Kualitatif Pengalaman Pengunjung Festival Pekan Gembira Ria. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam menyelenggarakan sebuah festival musik, komunikasi yang menarik dan interaktif dibutuhkan antara penyelenggara kepada pengunjung festival musik sehingga banyak masyarakat yang tertarik dan suka dengan informasi yang diberikan. Seiring berkembangnya zaman dan canggihnya teknologi, komunikasi dan informasi dapat disebarkan melalui media digital. Festival Pekan Gembira Ria merupakan salah satu festival yang menggunakan komunikasi media digital untuk memberikan informasi dan berinteraksi kepada calon pengunjungnya. Pekan Gembira Ria adalah festival yang memiliki konsep seperti pasar malam yang dimana tidak hanya menyajikan konser musik tetapi juga menyediakan wahana permainan, wisata kuliner, spot foto dan street art performance. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk mengetahui lebih dalam peran komunikasi media digital dan mendeskripsikan pengalaman festival dari informasi, emotional responses dan komunitas kepada pengalaman pengunjung festival Pekan Gembira Ria. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi media digital memiliki peran yang berfungsi untuk memberikan, mengumpulkan, dan menerima sebuah informasi, yang dimana berhubungan dengan emotional response yaitu rasa senang dan excited (semangat) yang dapat membangun sebuah pengalaman di festival musik, atau rasa antisipasi dan gelisah jika informasi yang didapatkan tidak memuaskan. Dalam keterlibatannya di komunikasi media digital, dua dari tiga konsep yang ada saling terkait dan berkontribusi pada sebuah pengalaman festival Pekan Gembira Ria. Konsep yang digunakan pada peneilitian ini menunjukan bahwa adanya sebuah hubungan diantara tiga aspek dari penggunaan komunikasi media digital baik dari fase pre-festival, festival, dan post-festival.

Kata Kunci: Festival Musik, Komunikasi Media Digital, Pengalaman Pengunjung, Informasi, Emotional Response, Komunitas

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:49
Last Modified: 12 Feb 2024 07:49
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2503

Actions (login required)

View Item
View Item