Michael, George (2023) Komunikasi Pemasaran Karya Musik pada Era Digital melalui Penggunaan Sosial Media Instagram: Studi Kasus Konten “Petik” pada Akun Indomusikgram. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Indomusikgram adalah sebuah media dan komunitas musik yang telah berdiri sejak 26 Juni 2014 melalui akun instagram @Indomusikgram oleh founder Christian Bong. Petik adalah salah satu konten penyajian musik yang dimiliki oleh akun instagram Indomusikgram yang berisi team internal maupun external yang akan menjadi band pengiring tamu-tamu kolaborator. Tujuan dari penelitian konten Petik yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran karya musik di era digital melalui penggunaan sosial media Instagram pada akun Indomusikgram, untuk mengetahui dampak dari konten petik pada akun Indomusikgram terhadap instagram user dan para kolaborator dalam melakukan komunikasi pemasaran karya musik di era digital dan untuk mengetahui hambatan dalam membuat sebuah konten Petik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian penggunaan instrumentasi yang unik seperti pianika, kendang, kodok guiro yang disatukan dengan format akustik membuat instagram user tertarik melihat konten Petik. Informasi-informasi yang diberikan oleh konten Petik seperti instrumentasi yang unik, musisi atau artist serta sebuah karya musik mampu membuat instagram user ingin mencari tahu lebih dalam mengenai Petik. Adanya faktor relevansi dapat membuat user tertarik untuk melakukan like terhadap konten Petik. Dalam melakukan sebuah tindakan seperti melakukan share konten Petik, fitur collaboration post dari instagram membantu konten Petik, musisi, artist dan karya musiknya bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Konten petik juga memiliki hambatan yaitu sangat memiliki ketergantungan dengan team internal yang bekerja di dalam indomusikgram.
Kata Kunci: Indomusikgram, Petik, Musisi
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 07:59 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 07:59 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2506 |