Makna Iklan “Kecap ABC Mendukung Kesetaraan di Dapur di Hari Kesetaraan Perempuan” Ditinjau dari Mitologi Barthes

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Andria, Putri Lenggo Geni (2023) Makna Iklan “Kecap ABC Mendukung Kesetaraan di Dapur di Hari Kesetaraan Perempuan” Ditinjau dari Mitologi Barthes. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABC Indonesia merupakan merek yang sudah konsisten mengangkat isu kesetaraan gender ini melalui beberapa video promosi. Video promosi yang berjudul “Kecap Abc Mendukung Kesetaraan Di Dapur Di Hari Kesetaraan Perempuan” berisikan isu tentang kesetaraan gender di dapur yang sering dialami para perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna dan mitos apa yang ingin disampaikan pada iklan “Kecap ABC Mendukung Kesetaraan di Dapur di Hari Kesetaraan Perempuan”. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif berfokus pada observasi dengan analisis menggunakan triangulasi sumber serta teori semiologi dan mitologi Roland Barthes melalui tahap denotasi, konotasi dan mitos kepada tanda-tanda pada iklan ABC yang berupa audio, video dan text. Penelitian mengungkapkan bahwa Kecap ABC berupaya dalam mengubah persepsi masyarakat Indonesia dengan meningkatkan kesadaran dan memperluas wawasan masyarakat Indonesia yang awalnya berpikir bahwa memasak hanya tanggung jawab perempuan yang merupakan budaya dari patriarki berubah menjadi bahwa memasak merupakan tanggung jawab keluarga yang dapat berdampak positif pada keharmonisan keluarga. Iklan memiliki pengaruh yang besar kepada perasaan, empati, dan perilaku penonton sehingga dengan konsep iklan yang mengangkat isu yang melekat dengan masyarakat merupakan hal yang tepat untuk dilakukan karena memiliki manfaat positif terkait perubahan isu dan citra merek di masa mendatang.

Kata Kunci: Kesetaraan gender, Mitologi, Iklan

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:54
Last Modified: 13 Feb 2024 03:54
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2545

Actions (login required)

View Item
View Item