Putranto, Ramanda Suryo (2023) Iklan Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran SMA Islam HI Guna Menarik Calon Siswa. UGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan bangsa. Sama seperti semua institusi yang ada, pendidikan juga membutuhkan strategi pemasaran untuk meningkatkan minat calon konsumen, yang dalam hal ini adalah calon siswa. Penelitian ini akan merancang sebuah strategi komunikasi pemasaran menggunakan iklan promosi sebagai sarana untuk meningkatkan minat calon siswa terhadap SMA Islam Harapan Ibu, mempelajari factor-faktor penyebab kurangnya minat, serta strategi komunikasi untuk meningkatkan minat calon siswa. Penelitian ini menggunakan beberapa kerangka konsep, antara lain marketing communication, integrated marketing communication, AISAS, media sosial, social media marketing, dan content marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah analisis S.W.O.T. serta penentuan tujuan SMART. Berdasarkan analisis S.W.O.T., SMA Islam Harapan Ibu memiliki kekuatan dalam bentuk akreditasi "A" dan fasilitas yang mendukung pengembangan siswa. Namun, kelemahan terdapat pada rendahnya kesadaran melalui media sosial karena keterbatasan sumber daya manusia. Peluang yang dapat dimanfaatkan adalah penggunaan media sosial sebagai sarana promosi, sementara ancaman datang dari perkembangan pesat sekolah- sekolah lain di Jakarta. Tujuan penelitian ini ditetapkan secara SMART, yaitu meningkatkan awareness SMA Islam Harapan Ibu melalui konten iklan pemasaran di Instagram dengan target pertumbuhan awareness sebesar 10% dalam satu bulan. Segmentasi dalam penelitian ini mencakup demografi, geografi, dan psikografi siswa, dengan fokus pada biaya pendidikan, lokasi pasar pendidikan, minat siswa terhadap jurusan dan ekstrakurikuler, serta loyalitas pengguna jasa terhadap fasilitas dan output yang berkualitas. Dalam rangka meningkatkan minat calon siswa, penelitian ini merencanakan penggunaan iklan promosi melalui media sosial Instagram sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran SMA Islam Harapan Ibu.
Kata Kunci: Marketing Communication, Integrated Marketing Communication, Media Sosial, Social Media Marketing, Content Marketing, Analisis S.W.O.T, Analisis SMART
Item Type: | Thesis (UGP-Non thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 04:07 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 04:07 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2548 |