Maurice, Rania Syaharani (2023) Strategi Penggunaan Influencer Marketing pada Acara ‘Fascinating October’ Mal Grand Galaxy Park untuk Membangun Brand Awareness. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Penggunaan influencer telah menjadi trend promosi di era digital saat ini karena dianggap mampu mendorong daya beli masyarakat. Salah satunya adalah pusat perbelanjaan Grand Galaxy Park yang telah bekerjasama dengan influencer untuk melakukan promosi dengan tujuan membangun brand awareness dan sebagai pusat perbelanjaan yang kerap mengadakan acara. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengungkapkan dan mengetahui strategi penggunaan Influencer Marketing pada acara ‘Fascinating October’ yang diadakan oleh Mal Grand Galaxy Park untuk membangun brand awareness. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara terhadap 4 informan (Influencer Marketing Manager, Marketing Communication Manager, Influencer, dan Pengikut Influencer). Hasil penelitian menunjukkan ada enam cara untuk membangun brand awareness Grand Galaxy Park. Tahapan pertama adalah analisa situasi (situation), Grand Galaxy Park merupakan pusat perbelanjaan yang berada di Bekasi dan didirikan sejak tahun 2013. Tahap kedua yakni menentukan tujuan (objective) untuk meramaikan event yang diselenggarakan yaitu Fascinating October dan membangun brand awareness dari Grand Galaxy Park. Tahap ketiga yakni menyusun strategi (strategy), diantaranya pemilihan influencer, pembuatan brief konten, dan komunikasi yang baik antara influencer dengan brand. Tahap keempat yakni menyusun taktik (tactics) yaitu merinci strategi yang sudah disusun seperti konten posting influencer, caption, hashtag, timeline posting, dan lain-lain. Tahap kelima yakni aksi (action), dengan melaksanakan strategi dan taktik yang sudah dibuat. Tahap terakhir adalah pengawasan (controlling). Pada tahap ini brand harus melakukan pengawasan dari hasil kerjasama yang telah dilakukan oleh influencer yang bisa dilihat dari laporan hasil kerjasama berisikan data insight dari konten yang telah diunggah oleh influencer.
Kata Kunci: Strategi Influencer Marketing, Instagram, Brand Awareness
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 04:09 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 04:09 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2549 |