Implementasi Program Customer Relationship Managament (Studi Kasus pada PT Intan Safety Glass)

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Nurhidayah, Afinda (2023) Implementasi Program Customer Relationship Managament (Studi Kasus pada PT Intan Safety Glass). UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT Intan Safety Glass perlu meninjau kembali pelaksanaan program customer relationship management yang selama ini sudah dilakukan seperti pemahaman CRM oleh internal karyawan, aktivitas komunikasi staff Marketing Public Relations dengan pelanggan, manajamen data pelanggan dengan melakukan customer profiling berdasarkan catatan transaksi pembelian. Berdasarkan hasil survey kepuasan pelanggan tahun 2019, Intan masih memiliki banyak masukan seperti harga agar lebih dapat bersaing di pasaran, sistem pengiriman yang sulit, dan leadtime pengerjaan kaca proses yang lama. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendeskripsikan implementasi program customer relationship management antara PT Intan Safety Glass dengan para pelanggannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus . Hasil penelitian PT Intan Safety Glass melakukan implementasi program customer relationship management melalui tahapan pengorganisasian, pemahaman dan penerapan. Penelitian ini menggunakan teori CRM oleh Francis Buttle terdiri dari strategis, operasional dan analitis. Hasil penerapan program CRM PT Intan Safety Glass masih dalam level operasional dan masih sangat sederhana. Pengimplementasian ini sudah memberikan keringanan terhadap operasional divisi Marketing Public Relations terutama dalam pembentukan dan pengelolaan data pelanggan serta aktivitas harian.

Kata Kunci: Manajemen hubungan pelanggan, implementasi CRM, manufaktur kaca

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Additional Information: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:05
Last Modified: 15 Feb 2024 02:05
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2574

Actions (login required)

View Item
View Item