Strategi komunikasi persuasif bank BNI cabang batam dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk giro

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Ivonna, Charla (2023) Strategi komunikasi persuasif bank BNI cabang batam dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk giro. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Industri perbankan merupakan lembaga keuangan yang sangat bergantung terhadap kepercayaan nasabahnya. Sebagai kota industri dan salah satu pusat ekonomi dan perdagangan menjadikan pertumbuhan dan persaingan yang sengit dalam usaha meningkatkan nasabah di Kota Batam, sehingga Bank BNI Cabang Batam perlu memiliki strategi komunikasi persuasif dalam memenangkan persaingan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif yang digunakan oleh Bank BNI Cabang Batam dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk giro dengan menggunakan teori strategi komunikasi persuasif oleh Melvin L. De Fleur dan Sandra J. Ball-Roseach dan formula AIDA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan melakukan wawancara semi terstruktur dan data sekunder yaitu buku, jurnal, dan website. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Bank BNI Cabang Batam menggunakan strategi persuasi oleh Melvin dan Sandra yaitu strategi psikodinamika dengan melibatkan faktor emosional dan kognitif terhadap nasabah dengan menarik perhatian, membangun kepercayaan, dan hubungan silaturrahmi. Strategi sosiokultural dengan memanfaatkan faktor sosial dan lingkungan, seperti lingkungan pekerjaan dan rekan kerja, dan strategi the meaning construction dengan memberikan pemahaman dan pengertian kepada nasabah yang bertujuan agar nasabah meyakini bahwa BNI berbeda dengan bank lainnya, kemudian dalam penyampaian pesan agar dapat dikatakan efektif digunakan unsur formula AIDA dalam menimbulkan Attention, Interest, Desire, dan Action, untuk mendorong nasabah agar berminat terhadap produk giro.

Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Bank, Giro

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Additional Information: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:53
Last Modified: 15 Feb 2024 02:53
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2584

Actions (login required)

View Item
View Item