Peran Corporate Social Responsibility dalam Membentuk Citra Perusahaan Perum LPPNPI (Airnav Indonesia) Cabang

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Rahmatika, Hanis Maulia (2023) Peran Corporate Social Responsibility dalam Membentuk Citra Perusahaan Perum LPPNPI (Airnav Indonesia) Cabang. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) memiliki peran penting dalam memberikan kontribusi pada masyarakat. Salah satu contoh implementasi dari CSR ini terlihat pada program pelestarian satwa langka dan dilindungi yang dilakukan oleh AirNav Indonesia Cabang Kupang di berbagai kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hal ini dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah satwa tersebut dari kepunahan demi menjaga keseimbangan ekosistem. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Triple Bottom Line Theory karya John Elkington. Teori ini menekankan pentingnya keseimbangan antara tiga aspek, yaitu keberlanjutan lingkungan (Planet), keadilan sosial (People), dan kinerja keuangan perusahaan (Profit). Penelitian ini dilakukan untuk memahami peran CSR terhadap citra perusahaan AirNav Indonesia melalui program CSR yang diterapkan di Cabang Kupang. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan berbagai sumber data, termasuk wawancara mendalam dengan narasumber internal dan eksternal sebagai data primer. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, data internal perusahaan, serta sumber data terkait lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa AirNav Indonesia pada cabang Kupang telah melakukan tanggung jawab sosial yang sesuai dengan konsep Triple Bottom Line. Ditemukan pula bahwa profit yang dihasilkan dengan menggunakan konsep Triple Bottom Line tidak berbentuk revenue melainkan pembentukan dan peningkatan citra perusahaan.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Triple Bottom Line, Citra Perusahaan

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Additional Information: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:41
Last Modified: 15 Feb 2024 03:41
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2595

Actions (login required)

View Item
View Item