Strategi Komunikasi Akun Instagram @smeshub.id Sebagai Platform Solusi Bisnis UMKM di Indonesia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Nabila, Andin Hezrin (2023) Strategi Komunikasi Akun Instagram @smeshub.id Sebagai Platform Solusi Bisnis UMKM di Indonesia. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang biasa disebut UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Oleh karena itu SmesHub.ID didirikan dengan upaya untuk memajukan UMKM di Indonesia. Tentunya tantangan yang dihadapi di sini adalah bagaimana cara memberikan edukasi digitalisasi pada klien UMKM di Indonesia sebagai solusi untuk memajukan bisnis mereka dengan strategi komunikasi Public Relations yang difokuskan pada Instagram SmesHub.ID. Penelitian ini menggunakan teori media baru sebagai referensi penelitian dan langkah-langkah strategi komunikasi akun Instagram yang digunakan oleh SmesHub.ID untuk mengedukasi klien UMKM mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SmesHub.ID memiliki strategi komunikasi Instagram yang cukup efektif dalam menarik perhatian audiens dan juga klien UMKM Indonesia dengan cara menggabungkan unsur edukasi dan hiburan pada postingan mereka, namun dengan adanya 2 segmen audiens yang digunakan oleh SmesHub.ID, maka sebagai segmen audiens yang bisa berkelanjutan di masa depan, itu khusus untuk generasi Milenial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi efektivitas strategi komunikasi Instagram SmesHub.ID dalam mengedukasi dan menarik klien UMKM Indonesia. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media baru, yang menekankan pentingnya memanfaatkan platform media baru seperti media sosial untuk menjangkau dan berinteraksi dengan audiens.

Kata Kunci: UMKM, Bisnis, Komunikasi, Public Relations, Strategi Komunikasi, Instagram

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Additional Information: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:13
Last Modified: 15 Feb 2024 07:13
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2629

Actions (login required)

View Item
View Item