Pengaruh Influencer Tasyi Athasyia Terhadap Awareness dan Citra Produk Mie Instan

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Ramadhania, Devi Agwidya (2023) Pengaruh Influencer Tasyi Athasyia Terhadap Awareness dan Citra Produk Mie Instan. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia. Internet memberikan banyak dampak positif bagi para penggunanya, di antaranya menjadi sarana komunikasi dan informasi. Berdasarkan data tahun 2022, pengguna internet di Indonesia mencapai hingga 204,7 Juta. YouTube, sebuah situs video streaming, pada tahun 2022 menempati peringkat ke-2 sebagai situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Melalui YouTube, perusahaan ataupun individu dapat meningkatkan awareness dan citra dari dirinya atau sebuah produk, salah satunya adalah Tasyi Athasyia. Tasyi sering melakukan review terhadap berbagai produk melalui YouTubenya dan menjadi perbincangan di antara pengguna sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh Tasyi sebagai Influencer terhadap awareness dan citra produk mie instan yang pernah Tasyi review dalam konten “Battle Makanan”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner ke 100 orang responden, dengan teori utama yang digunakan yaitu ELM (Elaboration Likelihood Model). Dari hasil penelitian, didapati besar pengaruh Influencer Tasyi terhadap Awareness produk mie instan sebesar 38,5% dan terhadap Citra sebesar 63.7%. Terdapat beberapa temuan dalam penelitian ini, yaitu audiens Tasyi memproses review Tasyi dengan rute sentral, metode blind review memiliki pengaruh besar dalam mempengaruhi audiens, audiens Tasyi cenderung lebih terpengaruh terhadap review positif dibanding review negatif, reputasi sejalan dengan kejujuran influencer, dan informasi detail meningkatkan rasa ingin tahu audiens. Diharapkan kedepannya Tasyi dapat membuat strategi baru jika ingin menyebarkan awareness terhadap sebuah produk dan semakin teliti dengan kontennya karena berpengaruh cukup besar terhadap citra produk tersebut.

Kata Kunci: YouTube, Influencer, Tasyi Athasyia, Awareness, Citra, ELM

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:14
Last Modified: 19 Feb 2024 07:12
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2657

Actions (login required)

View Item
View Item