Aktivitas Divisi PR dalam Akun Instagram @Nihaoindo Sebagai Sarana Media Informasi Mahasiswa Indonesia di Negara Taiwan

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Wijaya, Diana (2023) Aktivitas Divisi PR dalam Akun Instagram @Nihaoindo Sebagai Sarana Media Informasi Mahasiswa Indonesia di Negara Taiwan. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Meningkatnya angka jumlah mahasiswa Indonesia yang memilih untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Taiwan. Oleh karena itu, perlu adanya sarana media informasi informal negara Taiwan agar mereka dapat bertahan selama mereka disana. Di era digital saat ini, telah memungkinkan bagi organisasi untuk menjadi sarana media informasi melalui media sosial seperti Instagram. Penelitian ini berfokus tentang aktivitas divisi PR akun @nihaoindo dalam bagaimana akun ini dapat menjadi sarana media informasi bagi mahasiswa Indonesia di Taiwan serta upaya dan hambatan dalam melakukan pengelolaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam yang didukung oleh dokumentasi yang relevan. Teori Manajemen Public Relations dari Cutlip, Center dan Broom sebagai acuan peneliti dalam melakukan penelitian ini. Hasil penelitian ditemukan spesialis media sosial Instagram akun @nihaoindo dalam aktivitas divisi PR dalam media sosial Instagram untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi publiknya melalui empat tahap diantaranya: defining the problem terdiri dari hasil pengamatan situasi, planning and programming terdiri dari perencanaan jadwal konten dan strategi komunikasi, taking actions and communicating terdiri dari realisasi mengunggah konten dan bekerja sama dengan media sejenis, serta evaluating melalui media monitoring secara mingguan menggunakan analitik media sosial Instagram dan pendapat orang lain. Dengan ini, aktivitas PR akun @nihaoindo telah optimal dalam menjadikan akunnya sarana media sehingga akun ini memiliki citra kredibel, informatif bagi mahasiswa Indonesia di Taiwan.

Kata Kunci: Manajemen Public Relations, Media Sosial, Informasi

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:21
Last Modified: 19 Feb 2024 07:10
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2659

Actions (login required)

View Item
View Item