"Strategi Komunikasi Pencegahan Penyebaran Hoaks Oleh Mafindo (Turn Back Hoax) Melalui Media Sosial"

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Martius, Yovan (2021) "Strategi Komunikasi Pencegahan Penyebaran Hoaks Oleh Mafindo (Turn Back Hoax) Melalui Media Sosial". UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media sosial di masa sekarang merupakan salah satu hal yang telah digunakan banyak kalangan masyarakat, informasi bisa didapat dengan cepat dan praktis merupakan salah satu alasan mengapa media sosial menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia. Hoaks juga menjadi salah satu permasalahan di media sosial yang berkembang sangat cepat ditengah masyarakat, Dengan tujuan untuk memberantas penyebaran hoaks, MAFINDO hadir sebagai salah satu komunitas atau organisasi anti hoaks di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses strategi komunikasi yang dilakukan oleh MAFINDO dalam melakukan pencegahan penyebaran hoaks melalui media sosial. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi dan komunikasi massa beserta beberapa teori pendukung lainnya seperti media sosial dan lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara kemudian diuji dengan triangulasi data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Masyarat Anti Fitnah Indonesia atau Turn Back Hoax menggunakan strategi komunikasi sesuai dengan tujuan dan rencana yang telah disusun.

Kata kunci : hoaks, strategi komunikasi, komunikasi massa, media sosial, MAFINDO

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:58
Last Modified: 03 Jan 2024 10:58
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item
View Item