Pengaruh Kampanye #BijakKelolaSampah Terhadap Perilaku Mengelola Sampah Followers Instagram @Waste4Change

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Putri, Ditza Indira (2023) Pengaruh Kampanye #BijakKelolaSampah Terhadap Perilaku Mengelola Sampah Followers Instagram @Waste4Change. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini sampah masih menjadi salah satu permasalahan yang kerap dihadapi oleh masyarakat karena tumpukan sampah yang tidak dikelola dengan baik membuat kesehatan dan keindahan lingkungan menjadi terganggu. Perilaku masyarakat dalam mengelola dan membuang sampah juga menjadi tolak ukur timbulnya masalah sampah terlebih lagi sampah rumah tangga. Untuk itu, perlu adanya edukasi kepada masyarakat melalui Kampanye #BijakKelolaSampah untuk meningkatkan kesadaran mengelola dan membuang sampah dengan cara memilah dan memilih sampah rumah tangga agar dapat dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh dari Kampanye #BijakKelolaSampah terhadap perilaku mengelola sampah followers Instagram @Waste4Change dan seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan Model Komunikasi Dua Arah yang dikemukakan oleh Seiler (1998), dimana pada penelitian ini, Waste4Change sebagai pengirim pesan mengirim pesan kepada masyarakat melalui kampanye #BijakKelolaSampah dan mendapat respon atau umpan balik (feedback) dari penerima pesan dengan cara mereka mengikuti kampanye tersebut yang bertujuan untuk melihat perilaku masyarakat dalam mengelola sampah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden yang dijadikan sampel adalah sebanyak 97 orang yang merupakan followers Instagram @Waste4Change. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Kampanye #BijakKelolaSampah dengan perilaku masyarakat dalam mengelola sampah sebesar 1,7%, dimana setiap penambahan 1 unit dari Kampanye #BijakKelolaSampah, perilaku masyarakat dalam mengelola sampah naik sebesar 1,703. Saran dari peneliti adalah Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan motode kualitatif untuk menggali informasi dari narasumber yang memiliki kompetensi terkait dengan Kampanye #BijakKelolaSampah.

Kata Kunci: Kampanye, Perilaku, Pengelolaan Sampah, Sampah, Waste4Change

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Additional Information: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:24
Last Modified: 19 Feb 2024 07:10
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2660

Actions (login required)

View Item
View Item