Anyelia, Evira Dwi (2023) Platform Instagram Komunitas Sobat Diabet untuk Membangun Kesadaran Anak Muda Peduli Diabetes. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Komunikasi kesehatan menjadi bagian penting dalam menyampaikan informasi, mempromosikan kesehatan dan meningkatkan kesadaran hidup sehat. Salah satu penyakit mematikan saat ini adalah diabetes. Upaya komunikasi kesehatan pada penyakit diabetes dilakukan oleh Komunitas bernama Sobat Diabet dalam upaya memberikan edukasi dan membangun kepedulian diabetes melalui platform Instagram (@sobatdiabet). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui platform Instagram Komunitas Sobat Diabet dalam membangun kesadaran anak muda peduli diabetes dan mengetahui penyusunan pesan yang disampaikan pada Instagram (@sobatdiabet). Konsep yang digunakan adalah 4C (context, communication, collaboration, connection) pengoperasian media sosial Instagram oleh Chris Heur dan model penyusunan pesan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Komunitas Sobat Diabet telah memanfaatkan Instagram sebagai media penyampaian pesan edukasi diabetes dalam membangun kesadaran anak muda peduli diabetes sesuai teori 4C Chris Heur namun masih ada yang perlu diperbaiki dari segi mempertahankan komunikasi dengan pengikutnya dan pada model penyusunan pesan masih perlu diperbaiki sehingga pesan yang disampaikan dapat lebih menarik dan sesuai pada target audiens.
Kata Kunci: Diabetes, Komunikasi kesehatan, Komunitas, Kesadaran Instagram, 4C Chris Heurer, Model Penyusunan Pesan
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Public Relations |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 03:55 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 03:55 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2666 |