Analysis of Public Relations Strategy For Non-Governmental Organization: a Study on Biru Voices by Bicara Udara

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Pada, Jason Taruwara Uriah (2023) Analysis of Public Relations Strategy For Non-Governmental Organization: a Study on Biru Voices by Bicara Udara. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Polusi udara di Indonesia, khususnya di Jakarta, merupakan salah satu permasalahan lingkungan hidup yang terbukti memberikan dampak buruk terhadap kesehatan masyarakat. Meskipun polusi udara sangat parah, namun permasalahan ini belum menjadi perhatian masyarakat umum. Oleh karena itu, LSM yang fokus pada isu polusi udara seperti Bicara Udara menghadapi keterbatasan dalam kesadaran merek, dibandingkan dengan LSM lain yang fokus pada isu lingkungan yang lebih luas termasuk polusi udara, sehingga semakin membatasi kehadiran Bicara Udara sebagai LSM. Kurangnya kesadaran akan polusi udara, ditambah dengan kompetitor yang lebih besar, menjadi kendala bagi Bicara Udara untuk dapat menonjol dan melakukan kampanye mereka khususnya Biru Voices karena LSM besar lainnya juga melakukan kampanye serupa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang diterapkan Bicara Udara dalam kampanye Biru Voices untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini memanfaatkan teori-teori komunikatif melalui lensa fokus humas, komunikasi, humas, dan kampanye, serta memanfaatkan model PR empat langkah sebagai bentuk analisis utama. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data, triangulasi data digunakan untuk memvalidasi hasil, yang kemudian dianalisis melalui teknik reduksi data. Penelitian ini dapat menunjukkan kepada Bicara Udara kelemahan yang mungkin dapat memperbaiki dan memperkuat aspek-aspek positif dari Biru Voices dan menerapkan hasil-hasil ini pada kampanye-kampanye lain di masa depan.

Kata Kunci: NGO, Komunikasi, Kampanye, Public Relations, Four Steps of PR

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Additional Information: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:25
Last Modified: 16 Feb 2024 07:25
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2683

Actions (login required)

View Item
View Item