Kegiatan Marketing Public Relations PT. Tokopedia dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Wanita : Analisis Deskriptif pada Tokopedia Cantikfest

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Khoirunnisa, Najla (2023) Kegiatan Marketing Public Relations PT. Tokopedia dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Wanita : Analisis Deskriptif pada Tokopedia Cantikfest. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam perkembangan kompetisi marketplace di Indonesia, Tokopedia adalah satu marketplace yang berhasil dikenal luas di masyarakat Indonesia. Jika dibandingkan dengan presentase terbanyak pelanggan marketplace lain, Tokopedia memiliki impresi terbanyak penggunanya pada gender laki-laki. Hingga saatini sudah terbentuk presepsi masyarakat bahwa Tokopedia dikenal sebagai marketplace favorit laki-laki. Maka tak jarang, pelanggan wanita kerap tidak familiar untuk mencari kebutuhan kecantikan dan kesehatan yang dibutuhkannya di Tokopedia. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam meneliti masalah tersebut adalah untuk memahami dan menganalisis Kegiatan Marketing Public Relations yang dilakukan PT. Tokopedia dalam meningkatkan loyalitas pelanggan wanita pada Tokopedia “Cantik Fest”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tokopedia mengimplementasikan tiga strategi Marketing Public Relations dalam Tokopedia Cantikfest untuk menjadi strategi utama dalam upaya peningkatan loyalitas pelanggan wanitanya, antara lain; Pull Strategy dengan konten publikasi unggahan konten pada sosial media instagram @TokopediaCantik, mengadakan event media gathering; Push Strategy mengadakan iklan promosi penjualan melalui media sosial dan media massa mengadakan acara TV Show, serta dengan penggunaan direct mail pada pelanggan; Pass Strategy penggunaan Key Opinion Leader dan Brand Ambassador. Berkaitan dengan tiga strategi yang diimplementasikan dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan wanitanya, ada baiknya jika Tokopedia dapat konsisten dalam implementasi ketiga strategi tersebut dengan standar kerja yang seimbang, sehingga ketiga strategi dapat membuahkan hasil yang maksimal.

Kata Kunci : Marketing Public Relations, Loyalitas Pelanggan, Three Ways Strategy, Pull Strategy, Push Strategy, Pass Strategy, Marketplace, E-commerce, Tokopedia, Tokopedia Cantikfest

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Additional Information: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:46
Last Modified: 19 Feb 2024 07:06
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2704

Actions (login required)

View Item
View Item