Analisis Interaksi Pembelajaran pada Sekolah Pasar Modal Ditinjau dari Social Learning Theory

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Gunawan, Parameshadila Zafirah Sandra (2023) Analisis Interaksi Pembelajaran pada Sekolah Pasar Modal Ditinjau dari Social Learning Theory. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Meningkatnya jumlah investor pasar modal dikarenakan kesadaran masyarakat untuk berinvestasi mulai muncul dan juga didukung oleh perkembangan teknologi digital. Namun ternyata tingkat literasi keuangan Indonesia dalam pasar modal masih rendah, yakni sebesar 5%. Tercatat terdapat sekitar 5.523 aduan investasi bodong di Jawa Tengah. Sekolah Pasar Modal yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan BEI Jawa Tengah 1 menjadi salah satu solusi untuk menindaklanjuti masalah ini dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada Warga Jawa Tengah yang ingin belajar pasar modal lebih dalam dan terhindar dari informasi terkait dengan investasi bodong. Pembelajaran ini dilakukan secara hybrid dan dapat diikuti secara gratis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami dan menganalisis pembelajaran hybrid Sekolah Pasar Modal yang ditinjau dari empat elemen Social Learning Theory, yaitu Attention, Retention, Reproduction, dan Motivation. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara kepada narasumber, yaitu Kepala Kantor, Staff Trainer, peserta offline, dan peserta online. Hasil penelitian ini adalah Staff Trainer telah melaksanakan pembelajaran hybrid dengan baik melalui keempat elemen dari Social Learning Theory. Namun, ditemukan beberapa metode yang belum diterapkan di dalam pembelajaran ini untuk menyempurnakan keberlangsungan pembelajaran hybrid Sekolah Pasar Modal, yaitu kuis tidak diterapkan dalam pembelajaran kelas reguler dan tidak adanya praktik dengan menggunakan aplikasi simulasi dari pihak BEI. Selain itu, ditemukan bahwa Staff Trainer lebih banyak memberikan motivasi secara ekstrinsik.

Kata Kunci: Social Learning Theory, Pembelajaran Hybrid, Sekolah Pasar Modal, Investasi.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Additional Information: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:52
Last Modified: 19 Feb 2024 06:52
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2717

Actions (login required)

View Item
View Item