Analisis Pesan Retorika Kampanye Dove #TheSelfieTalk Terhadap Self Love di Indonesia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Kirana, Rahel Elfira (2023) Analisis Pesan Retorika Kampanye Dove #TheSelfieTalk Terhadap Self Love di Indonesia. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena mengenai self love sudah ada sejak tahun 1950, bahkan istilah tersebut sudah dikenal ada sejak 1539. Namun pada tahun 2019 hingga 2023 isu mengenai self love semakin gencar di angkat oleh organisasi maupun brand kecantikan yang ada di Indonesia. Pernyataan ini didukung juga dengan penelitian pendahuluan yang peneliti lakukan terhadap 100 Warga Negara Indonesia, yang juga menunjukan pentingnya self love sehingga dapat menangani distorsi media sosial dengan baik dan tidak merusak mental remaja di Indonesia. Dove, salah satu brand kecantikan yang memiliki cabang di Indonesia, memiliki pesan retorika berbentuk video iklan ‘reverse selfie’ yang merupakan salah satu buah dari self esteem project mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas dari pesan retorika yang dikemukakan oleh Dove terhadap tingkat self love yang ada di Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dan pengumpulan data melalui wawancara secara online dan semi terstruktur, serta melalui sumber sekunder kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pesan retorika Dove mampu meningkatkan self love dari penonton di Indonesia. Maka Dove baik adanya terus melanjutkan untuk mengeluarkan pesan mengenai self love secara retorika, namun lebih komprehensif.

Kata Kunci: Pesan Retorika, Kampanye Dove #TheSelfieTalk, Reverse Selfie, Tingkat Cinta Diri, Proyek Self-Esteem, Brand Dove, Indonesia

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Additional Information: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:08
Last Modified: 19 Feb 2024 06:47
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2722

Actions (login required)

View Item
View Item