Pengaruh Kampanye Tukar Baju oleh Zero Waste Indonesia dan Tren Fesyen Terhadap Gaya Hidup

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Puspasari, Tri Ratih (2023) Pengaruh Kampanye Tukar Baju oleh Zero Waste Indonesia dan Tren Fesyen Terhadap Gaya Hidup. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring perkembangan zaman, industri tekstil dan pakaian jadi mengalami perkembangan menjadi lebih ramah lingkungan. Hal ini dikenal dengan sebutan sustainable fashion atau pakaian berkelanjutan yang mana dalam proses produksi dan mengonsumsi pakaian lebih meminimalisir dampak negatif terhadap kelestarian lingkungan. Namun, belum seluruh desainer dan perusahaan pakaian jadi yang mengimplementasikan sustainable fashion dalam proses produksi. Selain itu, tidak semua masyarakat memahami pentingnya menerapkan pakaian berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari. Terkait dengan hal ini, terdapat organisasi yang mengedukasi dan mempersuasi masyarakat agar dapat mengubah gaya hidup menjadi minim sampah tekstil. Adapun organisasi yang peduli terhadap dampak negatif yang dihasilkan oleh industri tekstil dan pakaian jadi yaitu, Zero Waste Indonesia yang mengusung kampanye Public Relations dengan tema 'Tukar Baju'. Dalam penelitian ini, dibahas mengenai pengaruh yang diberikan oleh Kampanye Tukar Baju oleh Zero Waste Indonesia dan Tren Fesyen terhadap gaya hidup minim sampah tekstil, kampanye yang dilakukan dapat berupa kampanye online dalam akun @tukarbaju_ dan kampanye offline lewat pop up store. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei, penelitian ini menghimpun data lewat kusioner dengan jumlah responden 395 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 89,8% gaya hidup minim sampah tekstil dipengaruhi oleh kampanye tukar baju dan tren fesyen , sisanya sebesar 10,2% gaya hidup dapat dipengaruhi oleh lingkungan sosial.

Kata Kunci : Kampanye, Tukar baju, Zero waste indonesia, Tren Fesyen , Gaya hidup

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Additional Information: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 19 Feb 2024 05:03
Last Modified: 19 Feb 2024 05:03
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2747

Actions (login required)

View Item
View Item