Analisis Komunikasi Persuasif Kementerian Kesehatan dalam Pengelolaa Pesan di Situasi Pandemi Covid-19 pada Masyarakat di Indonesia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Purnamaningtyas, Yoana Retno (2023) Analisis Komunikasi Persuasif Kementerian Kesehatan dalam Pengelolaa Pesan di Situasi Pandemi Covid-19 pada Masyarakat di Indonesia. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 yang baru pertama kali menyerang dunia secara global berkembang dengan pesatnya. Diperlukan upaya-upaya pencegahan yang cepat dan tepat sasaran guna menekan angka pertumbuhan Covid-19. Komunikasi yang dibutuhkan bukan hanya sekadar imbauan atau pemberian informasi. Peran komunikasi persuasif dibutuhkan untuk dapat mempengaruhi pendapat, sikap, hingga perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk memahami komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan dalam melakukan sosialisasi pencegahan pandemi Covid-19 pada masyarakat di Indonesia. Untuk itu peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif guna mendapatkan hasil analisis yang mendalam dengan pengumpulan data melalui wawancara narasumber internal, eksternal, dan ahli. Berdasarkan hasil penelitian, Kementerian Kesehatan sudah merumuskan dan mengimplementasikan lima unsur komunikasi persuasif, yaitu persuader, pesan, saluran, persuadee, dan efek. Ditemukan bahwa pesan persuasif merupakan unsur terkuat, sementara kesesuaian saluran persuasi dengan gaya isi pesan merupakan hal yang harus diperhatikan karena setiap media memiliki segmentasi dan efek yang berbeda. Pemilihan juru bicara utama sebagai persuader tidak hanya melihat aspek keahlian dalam bidangnya tetapi juga kemampuan berbicara di depan umum dan trustworthiness.

Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Pandemi Covid-19, Kementerian Kesehatan

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Additional Information: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 19 Feb 2024 06:26
Last Modified: 19 Feb 2024 06:26
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2755

Actions (login required)

View Item
View Item