Analisis Pengelolaan Pesan Publik Kepada Pemuda Melalui Media Sosial Terkait Mitigasi Covid-19 Oleh Organisasi Gerakan Pakai Masker

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Berliana, Ribka Katheryn (2021) Analisis Pengelolaan Pesan Publik Kepada Pemuda Melalui Media Sosial Terkait Mitigasi Covid-19 Oleh Organisasi Gerakan Pakai Masker. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media sosial merupakan medium yang digunakan selaku media sosialisasi yang interaktif dan dimanfaatkan sebagai sarana penyebaran pengelolaan pesan publik terkait kampanye, termasuk mitigasi COVID-19. Organisasi Gerakan Pakai Masker membantu mewujudkan masyarakat Indonesia yang memiliki kesadaran tinggi memakai masker melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik pengelolaan pesan yang dilakukan oleh organisasi Gerakan Pakai Masker dalam pemanfaatan platform digital guna memberikan sosialisasi kepada generasi pemuda di DKI Jakarta. Selain itu, untuk mengetahui hambatan komunikasi terkait pengelolaan pesan COVID-19 oleh organisasi Gerakan Pakai Masker. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan melakukan wawancara kepada tiga narasumber dan dokumentasi. Teori utama yang digunakan adalah teori analisis pesan, dimana teori tersebut menjelaskan suatu metoda guna menyelidiki serta meneliti mengenai rancang-bangun pesan untuk memperoleh tindak komunikasi yang efektif. Media sosial yang dianalisis adalah penggunaan Instagram, YouTube, dan ZOOM organisasi Gerakan Pakai Masker. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa organisasi Gerakan Pakai Masker memanfaatkan media sosial sebagai media dalam melakukan kegiatan kampanye publik.

Kata kunci: Media sosial, analisis pesan, mitigasi COVID-19, generasi pemuda

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:58
Last Modified: 03 Jan 2024 10:58
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item
View Item