Analisis Makna Kearifan Lokal Pada Iklan Shopee "Akhirnya Nella Memilih"

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Derianti, Ardelyn (2021) Analisis Makna Kearifan Lokal Pada Iklan Shopee "Akhirnya Nella Memilih". UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia juga merupakan negara dengan beribu-ribu kebudayaanyang tersebar di berbagai wilayah, setiap daerah pasti memiliki kebudayaanmasing-masing dengan ciri khas yang berbeda-beda. Salah satunya adalahtradisi upacara pengantin dari suatu daerah. Beragamnya tradisi yang adatelah melekat kedalam kehidupan sehari-hari hingga bermunculan dalamberagam iklan sebagai salah satu teknik dalam mempromosikan suatu barangdan jasa, seperti contohnya adalah iklan Shopee dengan judul “Akhirnya NellaMemilih”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pesan kearifanlokal dalam denotasi, konotasi dan mitos pada iklan Shopee “Akhirnya NellaMemilih”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatifdengan menggunakan teori semiotika yang dikemukakan oleh RolandBarthes. Berkaitan dengan konsep tersebut, Barthes memisahkan ketigaisitilah penanda, petanda, dan tanda. Penelitian ini akan meneliti simbol-simbol dan tanda-tanda pada iklan. Iklan menampilkan sisi kearifan lokaladat Jawa dalam suatu prosesi pernikahan, seperti dari pakaian, Bahasa,serta riasan yang digunakan. Seluruh tanda yang digunakan dalam iklan inimerupakan sebuah bentuk kearifan lokal yang menjadi identitas suatu budaya.

Kata Kunci: Makna, Kearifan Lokal, Iklan, Shopee, Semiotika Roland Barthes.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:59
Last Modified: 03 Jan 2024 10:59
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item
View Item