Fadhlillah, Harahap Nawwar (2021) Analisis Semiotika Makna Kearifan Lokal Dalam Iklan Pocari Sweat Bintang SMA. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Iklan merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mempromosikan atau memasarkan suatu jasa atau produk dari perusahaanatau merek, Pocari Sweat sebuah merek minuman isotonik juga tidak lepasdari kenyataan ini. Pocari Sweat dalam memasarkan produk-produknya jugamenggunakan iklan sebagai salah satu sarana promosinya, kali ini PocariSweat mengeluarkan iklan dengan judul Bintang SMA yang menampilkankearifan lokal Indonesia melalui adegan-adegan di dalamnya. Menggunakanteori Charles Sanders Peirce untuk meneliti tanda-tanda yang terdapat padasuatu karya, iklan Bintang SMA menunjukkan tanda-tanda yangmenyampaikan makna-makna kearifan lokal di dalamnya. Penggunaan tandakearifan lokal Indonesia dalam iklan didasarkan atas target pasar dari iklanini yakni siswa/i Indonesia. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa iklanbintang SMA telah menunjukkan makna-makna kearifan lokal Indonesia melalui tanda-tanda yang terdapat dalam adegan-adegannya.
Kata kunci: Semiotika, Charles Sanders Peirce, Iklan, Kearifan lokal
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 11:01 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 11:01 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/315 |