Toxic Positivity Melalui Instagram Dalam Intrapersonal Communication Di Kalangan Milenial

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Fenanda, Rachel Septine (2021) Toxic Positivity Melalui Instagram Dalam Intrapersonal Communication Di Kalangan Milenial. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Instagram yang dikenal sebagai media sosial yang paling banyak digunakan oleh generasi milenial justru memicu krisis kesehatan mental para penggunanya. Ini terjadi akibat konten-konten di Instagram sering kali membentuk ilusi kompetisi dan perfeksionisme. Hal ini dapat memicu berkembangnya toxic positivity, yaitu sebuah pemikiran yang mengharuskan diri untuk bahagia sepanjang waktu dan memiliki kehidupan yang sempurna. Penelitian ini menganalisa komunikasi milenial dengan dirinya sendiri (komunikasi intrapribadi) mengenai pemikiran apa saja yang terbentuk saat terpapar konten yang berpotensi menyebabkan toxic positivity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketidak konsistenan berpikir atau yang dikenal dengan teori disonansi kognitif. Dengan metode kualitatif dan wawancara mendalam pada narasumber utama dan narasumber ahli, maka dapat diketahui bahwa disonansi disebabkan karena apa yang merekarasakan dan pikirkan (terbawa emosi dan terpengaruh oleh toxic positivity) dengan apa yang mereka seharusnya pikirkan (tidak terpengaruh oleh toxicpositivity) dinilai tidak konsisten. Dengan adanya penelitian ini, generasi milenial diharapkan sadar bahwa konten yang berpotensi menyebabkan toxic positivity berbahaya bagi kesehatan mental dan dapat mengatasinya dengan baik. Penelitian ini dipandu dengan konsep komunikasi intrapribadi, konseptoxic positivity, dan teori disonansi kognitif.

Kata kunci: toxic positivity, komunikasi intrapribadi, Instagram, milenial

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 11:02
Last Modified: 03 Jan 2024 11:02
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item
View Item