Fenanda, Rachel Septine (2021) Toxic Positivity Melalui Instagram Dalam Intrapersonal Communication Di Kalangan Milenial. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Instagram yang dikenal sebagai media sosial yang paling banyak digunakan oleh generasi milenial justru memicu krisis kesehatan mental para penggunanya. Ini terjadi akibat konten-konten di Instagram sering kali membentuk ilusi kompetisi dan perfeksionisme. Hal ini dapat memicu berkembangnya toxic positivity, yaitu sebuah pemikiran yang mengharuskan diri untuk bahagia sepanjang waktu dan memiliki kehidupan yang sempurna. Penelitian ini menganalisa komunikasi milenial dengan dirinya sendiri (komunikasi intrapribadi) mengenai pemikiran apa saja yang terbentuk saat terpapar konten yang berpotensi menyebabkan toxic positivity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketidak konsistenan berpikir atau yang dikenal dengan teori disonansi kognitif. Dengan metode kualitatif dan wawancara mendalam pada narasumber utama dan narasumber ahli, maka dapat diketahui bahwa disonansi disebabkan karena apa yang merekarasakan dan pikirkan (terbawa emosi dan terpengaruh oleh toxic positivity) dengan apa yang mereka seharusnya pikirkan (tidak terpengaruh oleh toxicpositivity) dinilai tidak konsisten. Dengan adanya penelitian ini, generasi milenial diharapkan sadar bahwa konten yang berpotensi menyebabkan toxic positivity berbahaya bagi kesehatan mental dan dapat mengatasinya dengan baik. Penelitian ini dipandu dengan konsep komunikasi intrapribadi, konseptoxic positivity, dan teori disonansi kognitif.
Kata kunci: toxic positivity, komunikasi intrapribadi, Instagram, milenial
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 11:02 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 11:02 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/339 |