Analisis Diplomasi Kebudayaan Indonesia Dalam Mendukung Kawasan Danau Toba Sebagai Destinasi Wisata Dunia Tahun 2011-2019 Melalui Kampanye “Wonderful Indonesia” Di Malaysia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Andrenita, Amanda (2020) Analisis Diplomasi Kebudayaan Indonesia Dalam Mendukung Kawasan Danau Toba Sebagai Destinasi Wisata Dunia Tahun 2011-2019 Melalui Kampanye “Wonderful Indonesia” Di Malaysia. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya diplomasi kebudayaan Indonesia melalui kampanye “Wonderful Indonesia” dalam mendukung kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata dunia tahun 2011-2019. Kunjungan wisatawan mancanegara asal Malaysia selalu mendominasi kawasan Danau Toba yang dijulukki sebagai “Lake Toba Caldera of Kings” dengan sub-brand “Supervolcano Geopark” menjadikan Danau Toba destinasi wisata kelas dunia semakin kuat. Namun adanya permasalahan ekologi yang menahun akibat adanya keramba jaring apung di perairan Danau Toba oleh PT. Swiss Regal Springs merupakan ancaman yang sangat serius. Dalam menganalisis peneliti menggunakan konsep diplomasi kebudayaan yang digagas oleh Simon Mark. Terdapat empat elemen didalamnya yaitu aktor, aktivitas, publik dan tujuan akhir. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bagaimana kampanye “Wonderful Indonesia” dapat digunakan sebagai alat diplomasi oleh Indonesia dan bagaimana potensi alat diplomasi ini dipakai untuk mempromosikan budaya, memobilisasi aktor, memberikan sarana dan prasarana, memberikan informasi mengenai budaya Indonesia, mendukung dan menjaga hubungan dengan diaspora Indonesia serta senantiasa menjaga alam.

Kata Kunci : Wonderful Indonesia, Diplomasi Kebudayaan, Danau Toba,Swiss Regal Springs, Supervolcano Geopark

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 11:03
Last Modified: 03 Jan 2024 11:03
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item
View Item