Finsko, .Finsko (2020) Representasi Feminisme Dalam Iklan Jadilah Suami Sejati Masak Bersama Kecap Abc (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Saat ini masih ditemukan ketidaksetaraan gender dalam pembagian peran dalam rumah tangga yang dapat menyebabkan perceraian dan budaya patriarki dianggap sebagai masalah utama dalam hal ini sehingga budaya ini tidak boleh bertahan. Feminisme yang hadir sebagai gerakan untuk mencapai kesetaraan gender seakan hanya berfokus pada kaum wanita, padahal tidak dapat dipungkiri bahwa kaum pria turut memegang peran penting untuk mencapai kesetaraan gender. Perusahaan yang turut berpartisipasi dalam melakukan kampanye penyetaraan gender adalah Kraft Heinz ABC lewat iklan dan program kampanye yang dihadirkannya. Penelitian ini dilakukan untuk memahami representasi feminisme dalam sebuah iklan oleh Kraft Heinz ABC dengan menggunakan semiotika Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima pesan feminis yang direpresentasikan dalam iklan ini yaitu bahwa wanita mampu bekerja layaknya pria, ketidaksetaraan pembagian peran dalam rumah tangga bersumber dari budaya patriarki, kesetaraan gender meningkatkan keharmonisan keluarga, ada peran penting pria dalam kesetaraan gender, dan pria maupun wanita bebas mengeksplor sisi maskulin dan feminin mereka tanpa harus menanggalkan salah satu sisi tersebut.
Kata Kunci : Feminisme, Representasi, Semiotik Peirce, Iklan, Kraft Heinz ABC
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 07:47 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 07:47 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/426 |