Haserra, Rabiyatul Adawiyah (2020) Pengaruh Promosi Cashback 50% Dana Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Persaingan di era digital yang memanfaatkan teknologi dengan strategi promosi penjualan cashback kerap dilakukan oleh berbagai fintech, salah satunya adalah DANA. Hal ini mengakibatkan terjadinya perubahan kebiasaan, gaya hidup, dan perilaku konsumen dewasa ini. Sebagian besar konsumen ini termasuk dalam generasi millennial yang salah satunya adalah mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi cashback 50% DANA terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R dengan konsep yang dipakai antara lain adalah sales promotion, rebates, consumer behavior, dan impulse buying. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Kuesioner disebar secara online kepada 38 responden mahasiswa Departemen Matematika UI angkatan 2017 yang memenuhi kriteria. Untuk mencapai tujuan penelitian, teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Korelasi dan Regresi Linear. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari promosi cashback 50% DANA terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen dengan nilai korelasi sebesar 0,512 dan nilai kontribusi sebesar 26,2%.
Kata Kunci : promosi penjualan, cashback, pembelian impulsif, teori S-O-R
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 07:40 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 07:40 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/454 |