Pembuatan Podcast "Saga Legenda Indonesia" Sebagai Promosi Pariwisata Indonesia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Putri, Adinda Ayu Sasqia (2020) Pembuatan Podcast "Saga Legenda Indonesia" Sebagai Promosi Pariwisata Indonesia. UGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pariwisata Indonesia terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun, bahkan menjadi yang paling cepat tumbuh di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2018. Tak heran jika pemerintah menetapkan pariwisata sebagai sektor unggulan penyumbang ekonomi bangsa dan diproyeksikan akan menjadi core economy serta penyumbang devisa terbesar di Indonesia untuk lima tahun kedepan. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menggenjot sektor pariwisata, misalnya dengan menetapkan 5 destinasi super prioritas “Bali Baru”, promosi gencar-gencaran hingga melakukan strategi promosi yang disebut storynomics strategy. Sayangnya, pada tahun 2020 roda pariwisata Indonesia bahkan dunia harus terhenti sementara sebab munculnya virus Covid-19 yang menyebar secara global. Karya nonskripsi ini dibuat sebagai salah satu bentuk promosi pariwisata Indonesia yang diperkirakan akan bangkit pada tahun 2021. Karya ini berformat sandiwara-audio yang mengangkat tema cerita legenda Indonesia dengan memanfaatkan media podcast yang saat ini sedang berkembang. Teori yang digunakan dalam pembuatan karya adalah paradigma naratif dimana diyakini bahwa seseorang akan lebih terbujuk oleh sebuah cerita yang bagus dibandingkan dengan sebuah argumen yang baik. Karya ini dibuat dalam 6 tahapan yaitu tahap planning, preparing, writing, recording, editing dan distributing & promoting. Hasil karya berupa konten podcast berdurasi 12 menit 56 detik yang dapat diakses melalui platform Spotify dan anchor.fm.

Kata Kunci : Pariwisata Indonesia, Cerita Legenda, Podcast, Paradigma Naratif

Item Type: Thesis (UGP-Non thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:35
Last Modified: 11 Jan 2024 07:35
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item
View Item