Pengaruh Game Online Terhadap Keterbukaan Diri Komunikasi Interpersonal : Studi Regresi Pada Pelajar Di Smak 1 Bpk Penabur Jakarta

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Husain, Elizabeth Hanania (2020) Pengaruh Game Online Terhadap Keterbukaan Diri Komunikasi Interpersonal : Studi Regresi Pada Pelajar Di Smak 1 Bpk Penabur Jakarta. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi menjadi aspek penting dalam menjalin suatu hubungan. Kini media yang dikenal dengan new media memiliki pemahaman tentang komunikasi interpersonal karena memiliki karakteristik interaktif, salah satunya adalah game online. Fitur komunikasi dalam game membantu interaksi dan hubungan antar pemain lebih dekat, sehingga komunikasi interpersonal dapat terjalin. Adapun alasan penelitian ini karena peneliti melihat adanya tuntutan sekolah dalam memperoleh nilai yang tinggi, sehingga peneliti tertarik mengetahui dari sisi pelajar ketika menggunakan game online sebagai media hiburan diluar tugas sekolah. Begitu juga dalam menggunakan fitur komunikasi untuk menjalin hubungan baik bersama teman bermainnya dengan cara membuka diri. Keterbukaan diri yang dimaksud yaitu, pelajar mampu bebas menyampaikan pendapat tentang apa yang dirasakan. Adapun penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap keterbukaan diri komunikasi interpersonal pada pelajar di SMAK 1 BPK Penabur Jakarta. Penelitian menggunakan metodologi kuantitatif eksplanatif dan pengumpulan data dalam bentuk kuesioner online kepada pelajar kelas XII di SMAK 1 dengan jumlah sampel sebanyak 165 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh game online terhadap keterbukaan diri dalam komunikasi interpersonal studi regresi pada pelajar di SMAK 1 BPK Penabur Jakarta. Nilai kontribusi variabel X terhadap Y sebesar 0,763 termasuk dalam katergori korelasi erat dan positif. Sedangkan koefisien determinasi yang didapat sebesar 0,582 yang artinya, game online memiliki kontribusi sebesar 58,2% terhadap keterbukaan diri sedangkan sisanya sebesar 41,8% pengaruh dari faktor – faktor lainnya di luar game online yang tidak diteliti oleh peneliti.

Kata Kunci : New Media, Game Online, Komunikasi Interpersonal, Keterbukaan Diri

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:23
Last Modified: 11 Jan 2024 07:23
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item
View Item