Suwidar, Faulizhia Kamille Ken (2020) Pengaruh Terpaan Aplikasi Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Sman 59 Jakarta. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
E-commerce di Indonesia saat ini sudah berkembang sangat pesat. Indonesia adalah negara yang memiliki pertumbuhan e-commerce tercepat dan menduduki peringkat pertama dari 10 negara. Shopee adalah salah satu e-commerce yang menduduki posisi pertama di PlayStore dan AppStore yang menjual berbagai macam produk. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia berbelanja online khususnya melalui aplikasi Shopee dan berbelanja dapat berdampak perubahan perilaku menjadi konsumtif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan aplikasi Shopee terhadap perilaku konsumtif. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 siswa dari 59 SMAN Jakarta yang pernah berbelanja melalui aplikasi Shopee. Data diolah melalui regresi linier sederhana menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara terpaan aplikasi Shopee terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 59 Jakarta.
Kata Kunci: E-commerce, Terpaan, Teori Elaboration Likelihood, Perilaku Konsumtif.
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 07:22 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 07:22 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/498 |