Pengaruh Penggunaan Identitas Semu Pada Akun Instagram Terhadap Keterbukaan Diri

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Suherman, Nesya Pravitasari (2020) Pengaruh Penggunaan Identitas Semu Pada Akun Instagram Terhadap Keterbukaan Diri. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu fenomena media sosial yang terjadi di Instagram adalah banyaknya akun dengan identitas semu atau fake instagram (Finstagram). Akun yang digembok (private) dengan tampilan foto dan username sembarang, terlihat tidak ingin diidentifikasi. Berawal dari adanya standar atau tren tertentu hingga perasaan dihakimi membuat pengguna merasa tidak nyaman ketika berbagi selain standar atau tren tersirat tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh penggunaan identitas semu pada akun Instagram terhadap keterbukaan diri. Data penelitian dihasilkan dari penyebaran kuesioner pada 100 sampel, yang selanjutnya diteliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan analisis regresi sederhana, diketahui bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang kuat dan pengaruh yang signifikan. Berlandaskan teori keterbukaan diri (self-disclosure theory), hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan identitas semu di akun Instagram atau disebut juga Finstagram berkontribusi sebesar 43,6% terhadap keterbukaan diri, sedangkan 56,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penggunaan identitas semu pada akun Instagram.

Kata kunci: identitas semu, keterbukaan diri, Instagram, media sosial, komunikasi massa

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:13
Last Modified: 11 Jan 2024 07:13
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item
View Item