Makna Nilai Percaya Diri Lirik Lagu ”Yes I Am” Yang Dipopulerkan Oleh Mamamoo: Analisis Semiotika Barthes

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Meivina, Ria (2020) Makna Nilai Percaya Diri Lirik Lagu ”Yes I Am” Yang Dipopulerkan Oleh Mamamoo: Analisis Semiotika Barthes. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berjudul “Makna Nilai Percaya Diri Lirik Lagu “Yes I Am” Yang Dipopulerkan Mamamoo: Analisis Semiotika Barthes”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna lirik lagu “Yes I Am” secara denotatif, konotatif, dan mitos. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisa semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari studi literatur, studi dokumen, dan pengumpulan data primer. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa lagu “Yes I Am” menceritakan tentang bagaimana Mamamoo melakukan perlawaannya akan komentar negatif tentang penampilan fisik dan visualnya. Selain itu peneliti juga menyadari bahwa lagu “Yes I Am” menggambarkan kesulitan untuk bertahan hidup di tengah – tengah lingkungan sosial dengan standar kecantikan yang tidak jarang menjadi senjata untuk menjatuhkan orang lain. Hal – hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai masukan yaitu untuk para seniman yang berperan aktif di industri musik untuk melakukan eksplorasi yang memiliki tujuan untuk menjual lagu di pasar dengan persaingan yang ketat namun tidak melupakan fungsi utama komunikasi yang bisa dimanfaatkan dalam menyampaikan pesan – pesan kehidupan dengan menggunakan lagu.

Kata kunci: Lirik, makna lirik, analisa semiotika, semiotika Roland Barthes

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:10
Last Modified: 11 Jan 2024 07:10
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item
View Item