Tania, Yohana (2020) Makna Pesan Dalam Iklan McDonald’s Indonesia Versi “Perbedaan Bukan Hal Besar Buat Anak Kecil, Buat Kita?”. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Melalui sebuah iklan, pesan bersifat persuasi disampaikan. Maka dari itu iklan harus dikemas secara menarik dan kreatif. Didalam sebuah iklan biasanya ditemukan tanda-tanda yang memiliki makna tertentu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna pesan dari Iklan McDonald’s Indonesia melalui tanda-tanda. Pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes digunakan untuk mengetahui pemaknaan melalui aspek denotasi, konotasi, dan juga mitos dalam iklan ini. Hasil dari penelitian ini adalah Iklan McDonald’s Indonesia versi “Perbedaan Bukan Hal Besar Buat Anak Kecil, Buat Kita” memiliki makna pesan persahabatan yang tulus antara dua anak kecil dan juga makna kesetaraan antara individu disabilitas dan individu tak berhambatan melalui tanda berupa unsur naratif dan juga sinematik dalam iklan. Implikasi dari penelitian ini adalah iklan dapat menyampaikan pesan mengenai nilai sosial baik secara eksplisit maupun implisit sebagai media yang dikonsumsi masyarakat luas.
Kata kunci: Makna Pesan, Iklan, Individu Disabilitas, Persahabatan, Kesetaraan, Semiotika
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 07:04 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 07:04 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/557 |