Strategi Program Radio Dalam Promosi Penggunaan Transportasi Umum: Studi Kasus Radio Bahana On MRT Stage

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Zaizafun, .Zaizafun (2020) Strategi Program Radio Dalam Promosi Penggunaan Transportasi Umum: Studi Kasus Radio Bahana On MRT Stage. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi radio dalam membangun awareness para pendengarnya bukan hanya secara on air, akan tetapi juga secara off air. Ditambah pertumbuhan dan kemajuan teknologi yang pesat dalam dunia digital yang dalam hal ini adalah sosial media seperti Instagram menjadi metode baru sebuah radio dalam melakukan strategi promosi sehingga bukan hanya secara on air dan off air, akan tetapi juga secara digital. Hal ini yang dimanfaatkan radio Bahana FM yang bekerja sama dengan Mass Rapid Transit Jakarta (“MRT Jakarta”) dengan membuat program acara “Bahana On MRT Stage”. Berlokasi di Terowongan Kendal, stasiun MRT Dukuh Atas Jakarta. Radio Bahana FM memanfaatkan saluran komunikasi baik secara on air, off air, maupun digital (Instagram). Penelitian ini bertujuan untuk memahami Bagaimana Strategi Program Radio Dalam Promosi Penggunaan Mass Rapid Transit Jakarta (“MRT Jakarta”). Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah Konvergensi Media yang berfokus pada elemen computing, communication dan content (3 C). Hasil penelitian diketahui terdapat konvergensi media yang memadukan dari media konvensional (on air) kegiatan (off air), dan penggunaan media baru (new media) yaitu Instagram. Konvergensi ini menimbulkan keberhasilan Bahana FM (periode tahun 2019-2020) dalam membangun awareness khalayak dalam promosi MRT Jakarta

Kata Kunci : Strategi, Radio, Promosi, Konvergensi Media

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:04
Last Modified: 11 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item
View Item