Herman, Citra Maharani (2019) Penomena Jasa Titip Di Instagram Di Kalangan Penggemar K-POP Ditinjau Dari Konsep Interaktivitas Dalam Teori Computer Mediated Communication. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi membuat masyarakat semakin mudah untuk berkomunikasi. Masyarakat tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Media sosial hadir untuk menjawab permasalahan tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi, media sosial juga mempermudah kegiatan manusia dalam berbagai bidang, salah satunya adakah jasa titip. Penelitian ini menggunakan teori Computer Mediated Communication dan konsep interaktivitas, dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan juga penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi terhadap akun Instagram informan, yaitu @priveyri dan @_kiyeomarket sebagai akun penyedia jasa titip. Simpulan penelitian ini adalah temuan model komunikasi untuk membangun kepercayaan dalam fenomena jasa titip dimana komunikasi yang terjadi lewat Computer Mediated Communication membuat orang percaya. Kepercayaan tersebut salah satunya dibangun oleh komunikasi yang interaktif antara pengguna jasa dengan penyedia jasa titip. Tetapi, terdapat juga permasalahan yang muncul dalam fenomena jasa titip, yaitu Hit & Run. Namun permasalahan tersebut bisa diatasi oleh para penyedia jasa dengan memberlakukan sistem down payment (DP) ataupun full payment.
Kata kunci: Instagram, Jasa titip, Computer Mediated Communication, Interaktivitas.
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 06:55 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 06:55 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/591 |