Iskandar, Tiffany Regina (2019) Pola Menonton Video Tutorial Youtube Ditinjau Dari Media Behaviour. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
YouTube merupakan portal konten video digital yang memberi derajat kebebasan kepada penonton untuk memilih jenis konten tertuju berserta pola menonton yang sesuai kebutuhansecara mudah, atau menonton secara non-linear. Dari hasil survei pra-riset, dalam rangka mengonsumsi berbagai macam konten dalam waktu yang singkat, penonton melakukan Smart Skip -melompat adegan dengan melihatthumbnail atau YouTube Preview sebagai acuan berpindah.Kecenderungan menonton video dalam waktu yang terbatas seperti mencamil, juga terjadi di Korea Selatan yang akrab dikenal sebagai fenomena Snack Culture.Peneliti ingin meninjau mengenai pola perilaku menonton video tutorial YouTube dari sisi media behaviour,mulai dari motif, seleksi konten dan cara menonoton, hingga pada reaksi pengguna YouTube. Penelitian ini menggunakan mixed method, dengan penelitian utama kuantitatif, yang didukungdengan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa karakteristik pengguna internet yang aktif menggunakan YouTube, dan motif penggunaan dari keunggulanfitur, juga dari sisi konten media. Dalam penggunaan YouTube, pengguna tidak dituntut untuk mencerna konten secara linear dari awal hingga akhir video untuk memahami isi konten. Secara garis besar, dapat diindikasikan bahwa terjadi evolusi penggunaan media, dimana penonton dapat mempersonalisasi jenis konten tertuju sesuai motif spesifik masing-masingpengguna.
Kata kunci: uses and gratifications, blumer dan katz ,smart skip, snack culture, youtubeL
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 06:47 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 06:47 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/619 |