Pengaruh Online Review Produk Skincare Pada Female Daily Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Chelsea, .Chelsea (2022) Pengaruh Online Review Produk Skincare Pada Female Daily Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication & Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Online review atau penilaian di dalam e-commerce merupakan bentuk perkembangan dari bentuk electronic word of mouth (e-WOM). Online review merupakan salah satu fitur tersedia di dalam kegiatan berbelanja secara online yang dimana konsumen dapat meninggalkan komentar baik komentar positif, netral, maupun negatif mengenai suatu produk atau layanan kemudian komentar tersebut dapat dilihat dan diakses oleh banyak orang melalui internet. Keputusan Pembelian merupakan suatu proses pengambilan keputusan mencakup apa yang akan dibeli atau tidak melakukan pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari Online Review terhadap Keputusan Pembelian yang dilihat pada Female Daily terhadap pembelian skincare oleh generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksplanatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 followers Instagram @femaledailynetwork yang berusia 9 – 24 tahun yang pernah membeli produk skincare secara online dan pernah membaca ulasan pada Female Daily. Penelitian ini menggunakan skala likert sebagai skala pengukuran dan juga menggunakan uji korelasi dan uji linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Online Review pada Female Daily berpengaruh kuat dalam mempengaruhi keputusan pembelian skincare bagi generasi Z, dengan nilai pearson correlation sebesar 0,784 atau kontribusi sebesar 78,4%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keputusan untuk pembelian skincare oleh responden dari golongan generasi Z dapat terjadi dengan pengaruh yang kuat dari Online Review atau ulasan pada produk sehingga penjual online atau e-commerce sebaiknya mempertimbangkan pentingnya ulasan yang diberikan oleh pembeli dan memudahkan akses dimana calon pembeli dapat dengan mudah membandingkan ulasan yang satu dengan yang lainnya.

Keywords: Online Review, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:26
Last Modified: 03 Jan 2024 10:26
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item
View Item