Musik Dangdut Sebagai Alat Pendukung Nation Branding Indonesia Pada Penyelenggaraan Asian Games 2018

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Verina, Alvie Dian (2019) Musik Dangdut Sebagai Alat Pendukung Nation Branding Indonesia Pada Penyelenggaraan Asian Games 2018. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Musik dangdut adalah musik yang tumbuh dan berkembang di Indonesia oleh sebab itu musik ini dijuluki ‘musik rakyat’. Musik dangdut sangat mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia namun jarang sekali dilibatkan pada acara internasional yang mewakili keanekaragaman budaya di Indonesia. Pada tahun 2018, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan melalui INASGOC (Indonesia Asian Games Organizing Committee), musik dangdut dimanfaatkan dalam lagu tema Asian Games 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan tiga konsep milik Pierre Bourdieu yakni Field, Capital, dan Distinction serta konsep Nation Branding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa musik dangdut telah memiliki ruang dan perhatian dari masyarakat internasional. Dengan demikian, implikasi penggunaan musik dangdut pada penyelenggaraan Asian Games 2018 sebagai alat pendukung nation branding yakni mendukung kepentingan nasional Indonesia dalam bidang ekonomi, politik, dan budaya.

Kata Kunci : Musik dangdut, Nation Branding, Kepentingan Nasional, Asian Games 2018

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:37
Last Modified: 11 Jan 2024 06:37
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item
View Item