Verina, Alvie Dian (2019) Musik Dangdut Sebagai Alat Pendukung Nation Branding Indonesia Pada Penyelenggaraan Asian Games 2018. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Musik dangdut adalah musik yang tumbuh dan berkembang di Indonesia oleh sebab itu musik ini dijuluki ‘musik rakyat’. Musik dangdut sangat mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia namun jarang sekali dilibatkan pada acara internasional yang mewakili keanekaragaman budaya di Indonesia. Pada tahun 2018, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan melalui INASGOC (Indonesia Asian Games Organizing Committee), musik dangdut dimanfaatkan dalam lagu tema Asian Games 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan tiga konsep milik Pierre Bourdieu yakni Field, Capital, dan Distinction serta konsep Nation Branding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa musik dangdut telah memiliki ruang dan perhatian dari masyarakat internasional. Dengan demikian, implikasi penggunaan musik dangdut pada penyelenggaraan Asian Games 2018 sebagai alat pendukung nation branding yakni mendukung kepentingan nasional Indonesia dalam bidang ekonomi, politik, dan budaya.
Kata Kunci : Musik dangdut, Nation Branding, Kepentingan Nasional, Asian Games 2018
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 06:37 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 06:37 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/688 |