Ratu, Cornelia Petta (2019) Peran Goethe Institut Dalam Diplomasi Pendidikan Untuk Membentuk Kesadaran Budaya Pelajar SMA Negeri 31 Jakarta Terhadap Budaya Jerman. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Goethe Institut adalah lembaga kebudayaan Republik Federal Jerman yang beroperasi di seluruh dunia yang didirikan untuk menjalankan tugas kebijakan luar negeri pada bidang budaya dan pendidikan.Dalam rangka meningkatkan kesadaran serta minat pelajar dunia terhadap budaya dan Bahasa Jerman diciptakan inisiatif “Sekolah: Mitra menuju Masa Depan” (PASCH) yaitu jaringan 2000 sekolah di seluruh dunia.Terdapat 29 sekolah mitra di Indonesia yang tersebar pada berbagai pulau. Melalui pengajaran bahasa,kebudayaan dan negara Jerman yang diselenggarakan oleh Goethe Institut pada salah satu sekolah mitra yaitu SMANegeri 31 Jakarta, mereka membentuk kesadaran dan minat pelajarterhadap budaya serta bahasa Jerman.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalahuntuk memahami peran Goethe Institut dalam diplomasi pendidikan untuk membentuk kesadaran pelajar SMA Negeri 31 Jakarta terhadap budaya Jerman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian menggunakan pengambilan data primer dan sekunder. Berdasarkan proses pengumpulan,analisis serta pemeriksaan kepercayaaan penelitian ini menghasilkan bahwaGoethe Institut berperan sebagai koordinator yang melaksanakan kebijakan luar negeri pada bidang budaya dan pendidikan serta diplomasi pendidikan Jerman melalui program sekolah mitra PASCH.
Kata Kunci: Goethe-Institut, Budaya Jerman,Soft Power, Diplomasi Pendidikan, Kesadaran Budaya
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 06:36 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 06:36 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/692 |