Penggunaan Makanan Khas Jepang Ramen Sebagai Instrumen Gastrodiplomacy Oleh Restoran Seirock-Ya

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Debby, .Debby (2019) Penggunaan Makanan Khas Jepang Ramen Sebagai Instrumen Gastrodiplomacy Oleh Restoran Seirock-Ya. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan makanan salah satunya ramen sebagai instrumen gastrodiplomacy oleh Seirock-ya Ramen Jepang di Ramen Village, AEON Mall BSD. Saat ini, kuliner tumbuh secara kreatif dan dinamis dan hal tersebutlah yang banyak dimanfaatkan negara-negara di dunia untuk mengenalkan budaya suatu negara. Mengenalkan suatu budaya dapat menimbulkan efek lain selain memenuhi kebutuhan hidup, tetapi terdapat pertukaran nilai tanda, pertukaran simbol, dan simulasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi mengenai deskripsi suatu budaya dari sudut pandang yang berbeda, dengan menggunakan konsep gastrodiplomacy dan consumer society. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gastrodiplomacy dapat dilakukan oleh non-state actor dalam melakukan pengenalan budaya dengan menggunakan makanan khasnya kepada suatu individu. Melalui perspektif consumer society, menunjukkan melalui sign value suatu individu lebih mementingkan suasana dan pelayanan dari suatu restoran, serta symbolic exchange dapat dirasakan berbeda pada individu, dan Seirock-ya menghadirkan suasana yang direkonstruksi sedemikian rupa agar terlihat nyata agar konsumen dapat membayangkan sebagai suatu simulasiyaitu suasana Jepang.

Kata Kunci: Gastrodiplomacy, Consumer Society, sign value, symbolic exchange, simulation, non-state actor

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:35
Last Modified: 11 Jan 2024 06:35
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/698

Actions (login required)

View Item
View Item