Analisis Nation Branding Indonesia Melalui Penyelenggaraan Opening Ceremony Asian Games 2018

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Lahope, Genesa (2019) Analisis Nation Branding Indonesia Melalui Penyelenggaraan Opening Ceremony Asian Games 2018. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesuksesan dan kemeriahan opening ceremony Asian Games 2018memberikan kontribusi positif pada citra Indonesia dimata dunia internasional. Dengan demikian Indonesia berhasil membangun Nation Branding-nya melalui penyelenggaraan opening ceremony Asian Games 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi nation branding yang dilakukan oleh Indonesia melalui penyelenggaraan Opening Ceremony Asian Games 2018 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan konsep nation branding yang dikemukakan oleh Anholt serta diplomasi publik sebagai konsep pendukung untuk melakukan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Indonesia menyusun strateginya dengan melakukan analisis situasi terlebih dahulu, kemudian menentukan arah dan tujuan yang ingin dicapai melalui penyelenggaraan opening ceremony Asian Games 2018 yaitu dengan menampilkan dan mempromosikan Indonesia sebagai sebagai bangsa yang berkarakter, disiplin kerja keras, kaya akan budaya, memiliki pariwisata yang menarik, memiliki lapangan pekerjaan, investasi dan juga Indonesia ahli dalam hal teknologi masa kini, sertamelibatkan aktivitas diplomasi publik didalamnya sebagai bagian dari nationbranding Indonesia. Peran media merupakan salah satu instrumen penting yang mendukung suksesnya nation branding Indonesia.

Kata kunci: nation branding, diplomasipublik, opening ceremony Asian Games 2018

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:12
Last Modified: 03 Jan 2024 10:12
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item
View Item