Dwiyanti, Eurica Helena (2022) Analisis Semiotika pada Iklan Grab Indonesia tinggalin jejak baik buat Bumi dengan Langkah Hijau. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication & Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Iklan merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan dalam mempromosikan serta memasarkan suatu produk atau jasa dari perusahaan atau merek, Grab merupakan sebuah Perusahaan teknologi yang dikembangkan oleh Negara Malaysia. Grab memberikan kemudahan dan keamanan transportasi bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Grab melakukan pemasaran dengan mengkampanyekan #LangkahHijau sebagai salah satu tujuan Grab untuk mengurangi emisi karbon dan pelestarian lingkungan. Menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk meneliti tanda-tanda yang terdapat pada suatu karya, iklan Tinggalin Jejak Baik Buat Bumi Dengan #LangkahHijau Bareng Grab menunjukkan tanda-tanda yang menyampaikan makna-makna denotasi, konotasi, dan mitos. Penggunaan tanda tersebut dalam iklan berdasarkan atas tujuan Grab untuk mengurangi emisi gas dan pelestarian lingkungan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa iklan Tinggalin Jejak Baik Buat Bumi Dengan #LangkahHijau Bareng Grab telah menunjukkan makna-makna simbiolik melalui tanda-tanda yang terdapat dalam cuplikan-cuplikannya.
Kata kunci: Iklan, Semiotika, Roland Barthes, Denotasi, Konotasi, Mitos
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 10:26 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 10:26 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/76 |