Pengaruh Online Consumer Review Di Media Online Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Lokal Di Marketplace

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Melani, Fellicia (2022) Pengaruh Online Consumer Review Di Media Online Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Lokal Di Marketplace. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication & Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Industri kecantikan saat ini semakin berkembang, dengan munculnya merek kecantikan yang berasal dari industri lokal Indonesia. Bermunculnya produk anak bangsa membuat industri kecantikan di Indonesia memiliki potensi yang baik untuk kedepannya. Pada era digital ini, masyarakat seringkali menggunakan metode berbelanja yang lebih mudah yaitu secara online. Diiringi dengan digitalisasi, maka terbentuklah beauty marketplace yaitu Beauty Studio by Female Daily, tempat berbelanja secara online khusus untuk produk kecantikan. Namun pada saat ingin membeli produk terutama secara online, perempuan cenderung akan melihat review terlebih dahulu dari orang yang sudah membeli produk tersebut, disebut juga dengan online consumer review. Female Daily Network merupakan beauty review platform dan media online terbesar serta memiliki komunitas yang berasal di seluruh Indonesia. Female Daily Network menyediakan wadah bagi perempuan Indonesia untuk menulis review khusus produk kecantikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari online consumer review di Female Daily Network terhadap minat beli produk kecantikan lokal dan seberapa besar pengaruhnya. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Elaboration Likelihood Model dan Stimulus, Organism, Response. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, menyebarkan survey kepada pembaca review di Female Daily, dan menerapkan analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh variablel X dengan variabel Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari online consumer review di Female Daily Network terhadap minat beli produk kecantikan lokal sebanyak 33,2%.

Kata Kunci: Minat Pembelian, Review, Online Consumer Review

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:27
Last Modified: 03 Jan 2024 10:27
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item
View Item