Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Peningkatan Brand Awareness Bagi Konsumen Dino Donuts

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Capiesta, Bella Savira (2018) Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Peningkatan Brand Awareness Bagi Konsumen Dino Donuts. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini media sosial menjadi sebuah platform untuk pemasaran produk dan menjadi peluang besar bagi para pebisinis yang akan memasarkan produk atau jasanya. Instagram adalah salah satu media sosial yang paling banyak penggunanya, bahkan Forbes menggambarkan Instagram sebagai perangkat penjualan yang sangat kuat. Banyak brand dalam bidang food & beverages yang telah menggunakan media sosial Instagram sebagai media promosi untuk meningkatkan kesadaran merek kepada khalayak, dan salah satunya adalah Dino donuts. Pada awal penjualan, Dino Donuts kurang mendapatkan animo yang besar dari target market-nya, namun melalui Instagram, Dino Donuts mulai mendapatkan banyak perhatian khalayak. Berdasarkan fenomena tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian apakah pengaruh penggunaan Instagram dapat memberikan peningkatan kesadaran merk (brand awareness) kepada khalayak dan seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif, teknik sampling yang digunakan adalah non probabilitysampling dengan jenis conveniencesampling. Pengumpulan data dalam bentuk kuesioner onlineyang disebar melalui direct message kepada followers akun instagram @dinodonuts. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan dengan menggunakan aplikasiSPSS 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan Instagram terhadap peningkatan brand awarenesss bagi konsumenDino Donuts. Analisis korelasi menunjukan adanya hubungan yang cukup erat dan positif yaitu sebesar 0.642, dengan pengaruh penggunaan Instagram dapat menjelaskan variasi dari peningkatan brand awareness sebesar 41,2%, sedangkan sisanya sebesar 58,8% merupakan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Brand Awareness

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:22
Last Modified: 03 Jan 2024 10:22
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item
View Item