Vivi, .Vivi (2018) Hegemoni Bahasa Inggris Pada Pendidikan Di India. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu alat yang digunakan kaum elite untuk mempengaruhi budaya adalah bahasa. Bahasa memiliki kekuatan untuk mengontrol manusia karena dalam bahasa terdapat pola pikir, ideologi, dan sudut pandang penuturnya. Bahasa Inggris memiliki posisi yang sangat kuat di India sejak dimulainya invasi India oleh Britania Raya yang pada saat itu berkeinginan untuk memperluas koloninya menciptakan negara kerajaan yang tidak pernah tidur. Salah satu cara untuk memperkuat posisinya tersebut adalah dengan menanamkan Bahasa Inggris di India. Permasalahan ini diteliti dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dibantu dengan teknik reduksi data yaitu wawancara semi-terstruktur dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh dari teknik reduksi adalah bahwa hegemoni yang ada di India didukung oleh adanya penerimaan Bahasa Inggris sebagai modal linguistik orang India. Bahasa Ingggris yang telah dikenal sebagai bahasa global memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Hal ini menyebabkan meningkatnya popularitas pendidikan Bahasa Inggris dan lemahnya sensitifitas terhadap bahasa lokal.
Kata Kunci: Hegemoni bahasa, modal linguistik, Bahasa Inggris, budaya, pendidikan.
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 10:17 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 10:17 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/805 |