Anindya, Adinda Kristiana (2018) Peran Media Online Goethe-Institut Dalam Mempromosikan Budaya Jerman Di Indonesia. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Goethe-Institut merupakan lembaga kebudayaan Republik Federal Jerman yang aktif di seluruh dunia,yang dibentuk untuk melaksanakan tugas kebijakan luar negeri di bidang budaya. Goethe-Institut menangani pembinaan bahasa Jerman di luar negeri dan menekuni kerja sama kebudayaan antarnegara. Sejak hadir di Indonesia, berbagai macam program budaya telah diselenggarakan oleh Goethe-Institut untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia. Adanya kemajuan teknologi dan informasi yang semakin canggih, Goethe-Institut mulai gencar dalam mempromosikan budaya Jerman menggunakan media online. Melalui media online yang di miliki Goethe-Institut, mereka mempromosikan acara budaya yang akan diselenggarakan dan berbagi informasi mengenai budaya dan bahasa Jerman. Fokus yang dituju terletak pada penggunaan media online oleh Goethe-Institut seperti, media sosial, website, dan aplikasi online. Dengan metode penelitian kualitatif, penelitian ini memperdalam diplomasi publik dan diplomasi digital untuk mengetahui praktik penggunaan media online sebagai alat diplomasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa media online tidak hanya digunakan untuk individu, namun juga digunakan oleh lembaga kebudayaan untuk mencakup khalayak yang lebih luas.
Kata Kunci: Goethe-Institut, Budaya Jerman, Diplomasi Publik, Diplomasi Digital
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 10:19 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 10:19 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/807 |