Retorika Pidato Presiden Joko Widodo Di Dalam Konferensi Tingkat Tinggi "INDIAN OCEAN RIM ASSOCIATION 2017" Dalam Memperjuangkan Cita-Cita Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Kennedy, Kevin (2018) Retorika Pidato Presiden Joko Widodo Di Dalam Konferensi Tingkat Tinggi "INDIAN OCEAN RIM ASSOCIATION 2017" Dalam Memperjuangkan Cita-Cita Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Orang Yunani kunomerupakan orang pertama yang memperkenalkan penggunaan persuasi dengan menyebutnya sebagai ”retorika”. Retorika secara sederhana diartikan sebagai kepandaian menentukan cara berbicara agar diterima oleh pendengar.Konferensi Tingkat Tinggi “Indian Ocean Rim Association 2017” merupakan kesempatan yang digunakan oleh Presiden Joko Widodo dalam memperjuangkan cita-cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia melalui retorika pidatonya. Presiden Joko Widodo berpidato dalam forum “IORA Business Summit” yang merupakan salah satu rangkaian acara pada perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi “Indian Ocean Rim Association 2017”, dalam pidatonya Presiden Joko Widodo berusaha mengajak para pengusaha untuk turut bekerjasama dengan pemerintah dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Bagaimana cara Presiden Joko Widodo menyampaikan retorika pidatonya akan dianalisis menggunakan Rank’s Model of Persuasion dari Larson (2009) dan Message Factorsdari Perloff (2017). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis tekstual. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh Presiden Joko Widodo kerap kali mengintensifkan kredibilitas yang dimiliki oleh dirinya untuk memikat hadirin. Presiden Joko Widodo juga mengombinasikan penggunaan bukti dan narasi dalam pidatonyauntuk mempersuasi hadirin.

Kata kunci: Retorika,Pidato,Persuasi

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:19
Last Modified: 03 Jan 2024 10:19
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item
View Item