Chef On Board Garuda Indonesia Dalam Mendukung Nation Branding Indonesia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Savitri, Divania Citra (2018) Chef On Board Garuda Indonesia Dalam Mendukung Nation Branding Indonesia. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mengenalkan dan menduniakan makanan Indonesia tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah tetapi juga dapat dilakukan oleh non pemerintah seperti pebisnis, investor, atau masyarakat. Saat ini budaya merupakan salah satu aspek penting yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mengenalkan Indonesia. Indonesia memiliki keberagaman makanan yang termasuk dalam aspek kebudayaan. Saat ini, banyak aktor non negara yang sudah berperan aktif dengan melakukan diplomasi publik. Garuda Indonesia merupakan salah satu aktor negara yang memiliki tujuan untuk menduniakan dan mengenalkan makanan Indonesia melalui program kuliner Signature Dishes On Board, Star Chef. Makanan yang disajikan oleh Chef on Board menggunakan rempah-rempah asli Indonesia untuk menciptakan kesan Indonesia yang memiliki cita rasa dan aroma yang kaya. Keinginan Garuda Indonesia untuk menduniakan kuliner Indonesia dapat dijadikan sebagai inovasi dari kegiatan gastrodiplomacy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dianalisis dengan menggunakan konsep yaitu diplomasi publik, diplomasi kebudayaan, gastrodiplomacy, dan nation branding. Hasil penelitian menjelaskan tentang upaya Garuda Indonesia dalam menduniakan kuliner Indonesia dan menjelaskan tentang penggunaan bahan masakan rempah-rempah yang digunakan untuk menciptakan rasa dan aroma yang khas dari masakan Indonesia.

Kata kunci : Diplomasi Publik, Diplomasi Budaya, Gastrodiplomacy, Nation Branding, Garuda Indonesia

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:07
Last Modified: 03 Jan 2024 10:07
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item
View Item